Waspadai Komplikasi Diabetes

dr. Tri Juli Edi Tarigan , SpPD, K-EMD
Manajer Operasional Papdi Medical Relief
Diabetes tidak hanya dialami oleh penduduk di ibu kota saja, tapi juga di daerah-daerah. Namun, obat untuk menyembuhkan penyakit diabetes sampai sekarang belum ditemukan. Hal yang perlu dikhawatirkan adalah komplikasi dari diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang melekat seumur hidup, tetapi bukan berarti tidak bisa dikelola. Pasien diabetes bisa berumur panjang dan tidak mengalami komplikasi hingga akhir hanyatnya. Kuncinya adalah menjaga kadar gula darah, tekanan darah, dan kadar lemak darah senormal mungkin. Diabetes dapat dikelola dengan pengendalian pola makan dan melakukan aktivitas fisik yang tepat.

Di Indonesia, tingkat prevalensi diabetes cukup tinggi. Berdasarkan data Riskesdas 2007, prevalensi diabetes 5,7% dan pre-diabetes 10,2%. Sebanyak 13 provinsi memiliki angka prevalensi lebih tinggi dari prevalensi nasional.

Diabetes mellitus (DM) dapat menyebabkan komplikasi ke barbagai organ, akibat gula darah yang terus tinggi berkepanjangan sehingga merusak dinding pembuluh darah kecil mau pun pembuluh darah besar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »